Sabtu, 19 Januari 2013

Bromo Mountain ( Gunung Bromo )

Bromo Mountain
( Gunung Bromo )

Gunung bromo terletak diantara tiga kabupaten di profinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang. Gunung dengan ketinggian 2392 dpl dapat di akses melalui tiga kabupaten tersebut.
Kabupaten Malang, jika kita melalui jalur ini kita akan melewati daerah Tumpang, terus melanjutkan perjalanan melewati lautan pasir hingga gunung Bromo. Ini adalah jalur menuju Gunung Semeru, karena Gunung Bromo terletak di kawasan BTS ( Bromo Tengger Semeru ).
Kabupaten Pasuruan, kita dapat mengakses Gunung Bromo melalui beberapa daerah, yaitu :
  1. Daerah Warung dowo, pasrepan, tosari, hingga penanjakan.
  2. Daerah Kejayan, tosari, hingga penanjakan.
  3. Daerah Purwodadi, Nongkojajar, tosari, hingga penanjakan.
Jalur yang mudah dilalui adalah pilihan ketiga, kita akan melewati pertigaan Purwodadi, Nonkojajar, Tosari ( pos terakhir). Jika kita mengendarai sepeda motor, dari pos terakhir kita diperbolehkan mengendarai motor kita hingga penanjakan untuk melihat matahari terbit Gunung Bromo yang eksotik.
Jika kita mengendarai mobil, akan parkir di pos terakhir Tosari karena mobil dilarang naik,ini karena medan yang cukup menanjak di khawatirkan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Tapi jangan khawatir kita dapat naik hingga penanjakan dengan menggunakan mobil 4WD ( hartop ), kita dapat menyewa mobil ini dengan harga 350 ribu rupiah pulang pergi, bisa untuk 6 orang, atau kita bisa menggunakan jasa ojek dengan biaya 50 ribu rupiah pulang pergi.

Latar belakang adalah Gunung Batok, Kawah Bromo dan Gunung Semeru.

Kita dapat menyewa kendaraan ini, untuk menjangkau penanjakan dari Tosari ( pos terakhir ).

Ini adalah landscape di penanjakan, serasa kita berada di benua eropa, memang alam Indonesia sungguh indah.

Ini foto di penanjakan, dengan background BTS ( Bromo Tengger Semeru ), yang paling tinggi adalah Gunung Semeru.

Yang terakhir yaitu melalui Kabupaten Probolinggo, kita dapat mengakses Gunung Bromo melalui pertigaan Tongas ke arah gunung Bromo. Melalui jalur ini kita akan berhenti di pos pemberhentian terakhir. Selanjutnya kita dapat menyewa hartop ( mobil 4WD ) dengan harga tertentu. Disini banyak terdapat hotel atau home stay untuk kita menginap. Untuk para backpacker kita dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki dari pos terakhir hingga lautan pasir, dianjurkan perjalanan pada malam hari antara pukul 20 - 23 kita mulai berangkat. selanjutnya kita dapat mendirikan tenda di dekat pura, sekitar pukul 03 pagi kita melanjutkan perjalanan hingga kawah Bromo.

Sebelum melanjutkan perjalan kita istirahat sebentar dengan mendirikan tenda, sekitar pukul 03 pagi kita melanjutkan perjalanan hingga kawah Bromo.

Latar belakang adalah tangga untuk menuju Kawah Bromo.

Kegiatan ekonomi di lereng Bromo tetap berjalan, ada jasa menunggang kuda, ada warung kopi, kegiatan ini meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Dengan latar belakang Gunung Batok.

Foto pura diambil dari atas kawah Bromo.

Foto dengan latar belakang Gunung Batok.

Landscape Gunung Batok dan Kawah Bromo.

Landscape Gunung Batok dan kawah Bromo.

Foto ketika diatas kawah Bromo, sayang keindahan matahari terbit terhalang mendung.

Sedikit informasi tentang keindahan Gunung Bromo Jawa Timur, semoga bermanfaat dan menambah rasa cinta tanah air kita, bumi pertiwi Indonesia.